Nov 30, 2006

Say NO to Result Oriented

Kerja. Apa sih tujuan orang bekerja. Bantu-bantu orang lain, lalu dapat duit ?
Dalam prakteknya, rupanya tidak sesederhana itu. Kadang kepuasan bekerja tidak bisa hanya dari uang yang dihasilkan.Karena apa ? Karena seringkali kita sudah 'bekerja mati-matian'; dalam arti (1) anything-literate, (2) melakukan tanggung jawab sesuai porsinya, (3) disiplin tinggi tidak korupsi waktu, (4) menyerahkan laporan sesuai permintaan ~ tapi kenyataannya kita dihargai sama dengan rekan yang hanya melakukan point terakhir dari keempat point di atas. Karena apa ? Karena pemberi kerja mengacu pada prinsip result oriented. Terserah bagaimana caranya elu melakukan kerjaan lu, yang penting saat gua minta laporan, elu bisa provide.
Nah ! Kalau begitu, siapa yang pinter ? Kita, atau rekan kita ?

Secara prinsip ekonomi, ya jelas rekan kita itu yang pintar. Usaha sekecil-kecilnya, untuk mendapat hasil yang sebesar-besarnya. Tapi ya seperti aku utarakan di atas, hati nurani cepat atau lambat akan berbicara. Berapa besar kepuasan melakukan hanya (4) saja, berapa kepuasan melakukan (1) (2) (3) (4) alias seluruh proses ? Jawabnya sih tergantung orang masing-masing. Hanya saja setelah menyadari ada dilema seperti ini, aku berpikir sesungguhnya pemberi kerja harus buka mata juga terhadap competency pekerja... hmm.. stop thinking.

Aku rasa DT pun mengalami dilema serupa, hanya saja lingkupnya dalam skala penciptaan musik.Berkali2 dia menekankan, bahwa lagu2nya masuk chart atau tidak, biar orang lain menilai, tetapi yang dia usahakan sewaktu mencipta musik adalah ketulusan dalam proses penciptaan itu, kemurnian, hakekat lagu pada dasarnya yaitu sebagai pelipur lara bagi hati yang sedang susah.. (*duh...) Rupa-rupa perasaan yang muncul saat berulang kali mendengar lagu2nya, merupakan proses apresiasi yang bisa berkembang dari hari ke hari.Intinya, hati nurani tetap menang... Seperti jagoan silat yang kalah di pertengahan film, tapi musuhnya selalu keok di akhir cerita... happy ending... hi hi hi...

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Golden Melody Award, 17 Des 06.
Vote for David http://club.tvb.com/vote2006/index.html (#95, #108)
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

No comments: