Nov 22, 2006

In The Name of Creativity

Pernahkah kamu berpikir, betapa luasnya sesuatu yang disebut musik itu? Secara teori nada hanya terdiri dari 7 not, ditambah dengan nada-nada antaranya, oke jadilah 12. Untuk jadi sebuah lagu, kombinasikan 12 nada itu sebutlah dalam 4 oktaf, berarti ada 48 nada yang bisa dikutak-katik ditulis dalam sebuah lagu. Misalkan satu lagu yang sederhana saja terdiri dari 50 bar 4/4, dengan not penuh setiap ketuknya, akan dibutuhkan kombinasi C(48,200). Wah ! haha... minta tolong anak SMA hitungin berapa hasil kombinasinya. Itu baru minimal. Kurasa itulah sebabnya mengapa lagu bisa diciptakan dengan aneka macam irama dan gaya.

Pernahkah kamu mengikuti trend boyband Amerika? Perhatikan gak siapa aja pencipta lagunya? Yah, kalau kamu maniak, beli semua album boyband yang pernah ada, mungkin bisa nemuin kesamaan di antaranya. Bukan... aku gak beli semua album kok.. Kebetulan aja sih sempat memperhatikan nama pencipta lagu beberapa boyband yang berbeda, tapi lagu-lagunya kan similar tuh.. Gak heran, karena ternyata kebetulan pencipta lagunya sama. Dalam industri music boyband, konon katanya si penyanyi tinggal nerima pilihan lagu oleh produsernya dari semacam 'bank lagu'. Kontributor pencipta lagu, tentu orangnya terbatas. Kapan dan berapa sering dia mencipta lagu, entah. Bisa jadi dalam semalam, ngejar target harus menyelesaikan 5 lagu, misalnya. Jadilah lima lagu itu mirip2, topiknya, iramanya. Tinggal didistribusi aja lagu A buat si penyanyi X, lagu B buat si penyanyi Y, lagu C buat si penyanyi Z. Beres kan, semua pihak senang, uang masuk rekening.

Beruntung DT dilengkapi talenta untuk mengolah nada dan irama yang tak terbatas hitungannya itu menjadi lagu-lagu yang bisa hadir dalam atmosfer yang beraneka ragam. Kesan yang berbeda-beda waktu aku denger lagu2nya : Xiao Zhen Gu Niang mirip lagu kuno jaman Jackson's Five; Bu Yi Yang... orang ini punya ribuan kata untuk diekspresikan, nge-rap tapi rapih banget ! jangan lupa pejamkan mata saat dengerin Cang Ai bayangkan kamu duduk di restoran hotel bintang 5 diterangi lilin remang-remang sambil memandang wajah kekasihmu... Atau rasakan frustrasi yang luar biasa dalam Hei Se Liu Ding, ikut nyanyi, ikut marah, ikut teriak !!!

What I'm trying to say is: kreatifitas bukan hal yang bisa dibatasi. Kreatifitas bukan produktifitas. Produktifitas dengan mudah bisa diukur, tangible. Kreatifitas seseorang hanya bisa dirasakan oleh yang meng-apresiasi. Fans know it best ! ^_~

No comments: