Aug 29, 2007

Tao Perempuan

David Tao ingin mencari "Tao perempuan" sebagai isteri
18 Agustus 2007

Sewaktu David Tao mengikuti acara perayaan tengah tahun 2007 Hennessy VSOP "Artistry", ia menceritakan masa kecilnya yang nakal, ayah ibu yang pasangan artis dan pandangan kehidupan. Di hadapan pers David Tao mengungkapkan, walaupun belum ada akhir perjalanan cintanya, tapi dia tak mungkin bermain-main dengan kehidupan orang, selalu memikirkan makna dari pernikahan, ia berharap bisa menemukan pasangan hidupnya sendiri. Menyebut dirinya yang masih sendiri saat ini, "aku ya begini ini, hidup bahagia!"

Kisah Masa Dewasa
Kisah lama yang "dirahasiakan": mantan kekasih tetap berteman

Sebelumnya kalau bicara tentang soal cinta, David Tao selalu menutup-nutupi, hanya mengakui pernah berpacaran dengan Melody. Belakangan hubungannya dengan Joanna, ia sejak awal tidak mengakui pernah menjalin cinta, meskipun demikian seperti sudah diketahui, di konsernya tahun 2005 di Shanghai ia menyanyikan lagu "Close To You"/Tian Tian, saat itu dipersembahkan untuk Joanna. Tetapi pada konser di Taipei bulan Januari tahun lalu, sekali lagi ia menyanyikan "Close To You", tapi hanya dipersembahkan untuk para penonton di bawah panggung; akhir tahun lalu saat merilis album baru, David Tao berulang kali menekankan bahwa dirinya "single", bahkan menyatakan agak merasa "takut pernikahan". Hal-hal seperti ini, tak pelak lagi membuat orang menduga kisah cintanya dengan Joanna sudah berubah. Kali ini di pesta Hennessy, David Tao akhirnya bicara blak-blakan bahwa dirinya saat ini sendiri, tak ada pasangan, dihitung-hitung ia dan Joanna mestinya sudah berpisah setengah tahun lebih. Ditanya mengenai detail kapan dan alasannya berpisah, David Tao tidak bersedia menjelaskan, hanya berulang kali menegaskan dirinya bekerja terlalu sibuk, tak ada waktu ngobrol bersantai. Tapi berbicara pandangan romantisnya, ia berkata: "mencintai seseorang tidak ada alasannya, lebih-lebih tak perlu balasan." Dari kata-katanya ia seperti melindungi Joanna, menekankan dua orang tak bisa jadi kekasih, bisa jadi teman baik.


Ingin mencari "Tao perempuan" sebagai isteri

Dalam waktu dekat, David Tao segera akan menjalani tahap baru kehidupan: usia 40 tanpa kekhawatiran. Dalam kondisi ini, apakah dalam hatinya tak ada rasa khawatir? Jawaban DT adalah "ya, ada", karena dirinya bukanlah orang suci, tak bisa menghindar dari kehidupan. Ditanya khawatir terhadap apa, David Tao perlahan-lahan mengucapkan 2 kalimat: "pernikahan, makna kehidupan". Dalam pandangan orang, pernikahan sepertinya "penjara", menurut David Tao juga tak terkecuali. Sebenarnya mau mencari orang untuk dinikahi atau tidak? Apakah cinta bisa abadi selamanya? Apakah dua orang bisa berdampingan sampai tua? Ini semua membuat David Tao cemas. Tapi ia punya gambaran lebih jelas tentang seorang isteri, "aku paling suka yang punya kepribadian, aku sering merasa sedang mencari 'Tao perempuan', selain penampilannya jangan seperti saya, lainnya harus kurang lebih sama dengan aku. Aku punya kriteria yang sempurna, misalkan seorang wanita jadi pacarku, aku bisa hanya karena sehari-hari cara cuci baju gak benar, lantas merasa (2 orang) tidak cocok."


Kisah Masa kanak-kanak
Masa kecil nakal: sering berbuat nakal dipukul Mama

Kalau David Tao bicara cinta gayanya serius, tapi soal lainnya, ia bicara tak putus-putus, terlebih bicara soal papa mamanya, David Tao bisa cerita tak ada akhirnya. Papa dan Mama David, Tao Da Wei dan Wang Fu Rong keduanya adalah bintang. David bercerita, 30 tahun yang lalu, kalau mereka bertiga pergi di jalan, papa mamanya selalu dikerumuni orang di jalan, ia berjalan mengikuti papa mamanya, rasanya tidak bebas. 30 tahun kemudian, David Tao yang sudah terkenal, identitas Tao Da Wei menjadi "papanya David Tao", lalu kalau Wang Fu Rong pergi ke KTV, atau kalau berkumpul dengan teman-temannya, dengan suara penyanyi opera Beijing menyanyikan lagu-lagu pop anaknya.

David Tao yang saat ini memiliki "jutaan penggemar" bilang panggilannya semasa kecil adalah "Xiao Mo Tou"(kepala setan kecil), pastilah membuat orang kesal, "Beberapa tahun aku dan papa mama di Taipei, ternyata teman-teman 'bolak-balik'. Ada orang-orang yang mengundang papa mama pergi bersama, bilang: kalian boleh datang, tapi anak kecil jangan dibawa. Teman-teman wanita mama aku buat kesal, karena aku berdiam di bawah meja, menyingkap rok mereka, malah sengaja menarik pakaian dalam mereka, membuat mereka jadi tak tahu harus berbuat apa. David Tao mengatakan masa pemberontakannya saat setelah kuliah baru dinyatakan berakhir, "sebenarnya aku waktu di SMA dan kuliah, mama kebanyakan ada di Taipei menemani papa, aku merasa hidup sendiri. Jaman kuliah, aku mulai mengenal filosofi, sosiologi, dan psikologi, mulai berpikir mendalam, jadi bijaksana, hati juga jadi mantap."

Waktu kecil begini nakal, papa mama mendidik David Tao sangat keras, tapi David punya beberapa cara tersendiri untuk mengatasinya, ia bergiliran, membuat kebisingan di dalam rumah. "Aku membuat mama memukul lebih sering, tapi dia memiliki jenis pukulan yang berbeda-beda, ada suatu kali aku malah memberinya 'senjata' untuk memukulku, misalnya penggaris yang mudah patah, begitu dia pukul sekali, aku pura-pura sedih, berakting menangis." Dengan pengalaman masa kecil "dipukuli" oleh papa mama, sambil tertawa David Tao menyatakan kalau nanti punya anak pasti tak akan membiarkan dibawa oleh mamanya, "aku akan bilang ke anakku, kalau nanti Oma (Wang Fu Rong) menyuruhmu melakukan sesuatu, jangan sekali-kali bilang 'tidak mau', kalau pun bilang 'tidak mau', harus mundur dulu, karena lihat kalau telapak tangannya menghadap ke arahmu, artinya kamu sudah dipukulnya."


Pengaruh psikologi: dijuluki "si gendut gigi kelinci" oleh papa mama

Karena papa mama artis, David Tao dari kecil tumbuh di lingkungan gemerlap, jadi ia merasa hidupnya di Amerika sangat bebas, karena tak banyak orang yang mengenalnya. "Papa mama orang terkenal, jadi masa kecilku banyak tekanan. Aku terus terang bilang, papa mamaku pendidikannya tidak bagus. Papaku dulu orang yang ganteng, mamaku pemain opera Beijing yang cantik, mereka tumbuh cakep, tapi aku dari kecil dibilang jelek, gak mirip sama siapapun, mereka juga di depan orang lain bercanda bilang: anak pungut dari siapa nih!"

Dari kecil kerap diledekin orang, David Tao sendiri semula sangat tidak suka berfoto, "aku sedari kecil tumbuh mendengar kata-kata seperti ini, sangat terpukul, jadi akhirnya dari belakang layar pergi ke depan layar, menurutku adalah jalan yang penuh kerja keras. Aku tidak seperti artis lainnya, begitu muncul langsung terbiasa difoto, karena aku sejak kecil ada pengaruh seperti ini, papaku dulu sering bilang padaku : gendut, si gigi kelinci, hidung pesek."

partly loose-translated from
tom.com

No comments: