Dec 16, 2006

DT History part 1

Bagaimana David Tao bisa kembali ke Taiwan mengerjakan musik?

Pada tahun 1993 produser rekaman Wang Zhi Ping 王治平 sedang berada di Los Angeles membeli akustik, di bagian alat musik ia mengalami kesulitan berkomunikasi dengan penjaga toko orang bule menggunakan bahasa isyarat. DT yang kebetulan berada di sana, berinisiatif menterjemahkan, sehingga Wang Zhi Ping berhasil membeli barang yang dibutuhkannya. Saat Wang Zhi Ping berterima kasih, ia menanyakan namanya, dan saat itu pula ia mengetahui pemuda yang ramah dan suka menolong orang ini suka bermain musik, memahami musik.

Setengah tahun berikutnya, Wang Zhi Ping tengah mempersiapkan rekaman lagu Zhou Bao Yuan 周葆元 yang juga baru kembali dari Amerika, maka ia langsung memanggil DT kembali ke Taiwan, memanfaatkan keahliannya bermusik. Setelah DT kembali ke Taiwan, ia mulai menulis lagu, hasil karyanya juga perlahan-lahan bisa diterima di lingkungan musik Taiwan. Orang mulai memintanya menulis lagu, bahkan mengharapkannya menjadi produser musik secara utuh, fulltime job producer.

Saat itu Zhang Xin Zhe 张信哲/Jeff Chang hendak mengeluarkan album berbahasa Inggris. Jeff yang pernah mendengar hasil karya DT, sangat menyukai style R&B DT, lantas mencarinya untuk bergabung dalam produksi "Somewhere In My Broken Heart".Lalu di tahun 1995 saat Chen Shu Hua 陈淑桦/Sarah Chen yang pernah menghilang sebentar, hendak meluncurkan album "Shu Hua Cheng Kai"淑桦盛开/Blossom Sarah, pernah berdiskusi dengan produsernya ingin mengubah gaya musik dari yang sebelumnya. Karena itu si produser yang tak lain adalah Wang Zhi Ping lantas mencari DT untuk membantunya memproduksi album ini. Album yang memamerkan "rythm & blues"(R&B) gaya Amerika itu membuat Sarah semakin memperluas kemampuan vokalnya.

Menurut pendapat DT yang sejak berusia 15 tahun belajar ke Amerika, membantu keseluruhan proses produksi album penyanyi Taiwan bukanlah hal yang sangat mudah, karena benar-benar harus menjadi produser, melibatkan koordinasi bersama si penyanyi, juga harus mengajarkan penyanyi mengeluarkan suara mencapai nada-nada tertentu dan hal-hal lain semacam itu. Yang lebih sulit lagi adalah mengontrol bagaimana penyanyi mengekspresikan lirik lagu dengan benar, pengucapan kata-kata, ini semua adalah hal-hal yang harus ditanganinya sebagai seorang produser. Tapi karena ia memiliki minat yang dalam terhadap musik, ia malah semakin bergiat mengerjakan pekerjaan produser dengan baik, bahasa tidak menjadi masalah yang begitu besar karena ia telah memiliki pengalaman hidup di luar negeri cukup lama dan telah tertanam karakter musik barat, sehingga gaya musiknya tampak ceria dan riang.

Di tahun 1995 Yang Cai Ni 杨采妮 / Charlie Yeung merekam album pertamanya. Karena Charlie sendiri juga baru kembali dari belajar di Amerika, juga banyak terpengaruh gaya musik Amerika, iapun mencari DT sebagai produser yang paling cocok untuk mengerjakan albumnya.

Kemudian Sun Yao Wei 孙耀威 / Eric Suen yang baru hijrah dari Hongkong ke Taiwan saat itu juga merupakan penyanyi idola yang luar biasa. Sebelumnya lagu2 yang dinyanyikan Eric kebanyakan lagu disco atau lagu-lagu cinta. Sewaktu ia tengah mempersiapkan album "Xi Guan"习惯, perusahaan rekaman ingin sedikit perubahan dari gaya musiknya terdahulu, juga mencari DT untuk menulis beberapa lagu dalam album tersebut yang lebih bergaya Amerika, sekaligus bertindak sebagai produser lagu. Kemudian di tahun yang sama Eric meluncurkan album "Ken Ding"肯定 album yang berisi lagu baru dan lagu-lagu lama pilihan. Untuk lagu andalannya "Ken Ding" Eric juga minta bantuan DT memproduseri. Saat itulah dimulai kerja sama antara DT dengan bosnya yang sekarang Jin Rui Yao 金瑞.

Dalam beberapa kali menjalani kerjasama yang menyenangkan ~ DT menulis lagu, memproduseri, sekaligus melakukan mixing ~ 'main-main' bersama Wang Zhi Ping. Maka saat Wang Zhi Ping mempersiapkan produksi album 3 bersaudara L.A.Boyz, sekali lagi ia memanggil DT untuk bergabung, menggarap lagu untuk ketiga bersaudara yang juga sejak kecil mendapat pengaruh musik gaya Amerika ini. Dalam album tersebut DT memasukkan lagu yang penuh ekspresi, bersemangat, bergaya rap, sehingga ketiga bersaudara ini kagum luar biasa atas kemampuannya sebagai produser.
Mungkin karena DT ahli dalam musik R&B, dapat "menangkap" feeling ketiga bersaudara ini terhadap lagu dance, dan dengan sendirinya "menangkap" selera pop anak muda, berjuang sekuat tenaga sebagai "pendatang baru" di dunia rekaman. Di saat
yang sama juga membuat ketiga bersaudara tersebut meraih ketenarannya di Taiwan.

Demikian pula halnya Babes, ketiga wanita ini juga baru kembali dari Amerika, mereka di Amerika belajar R&B dance selama 10 tahun lebih. Selain kecakapan mereka menari, tentu lagunya juga harus disesuaikan dengan gaya musik R&B, jadi DT-lah orang yang mereka pilih untuk mengerjakan albumnya.

Entah kalian sadari atau tidak, dari tadi kita lihat semua album yang dikerjakan DT sebagian besar untuk penyanyi yang baru kembali dari Amerika! Entah penyanyi yang baru kembali dari luar negeri lebih bisa menerima hasil karya DT, atau penyanyi lokal Taiwan yang tak bisa menerima karya DT yang lebih "rythm & blues", seperti yang berikutnya diperkenalkan yaitu penyanyi yang juga baru kembali dari luar negeri Zheng Zhong Ji 郑中基 /Ronald Cheng. Dalam lagu pertama di album Ronald, dimasukkan juga lagu buah karya DT "Xiang Nian Ni De Ai"想念你的爱/Longing for Your Love, irama lagu ini juga sangat kental terdengar style Amerikanya.

Du De Wei 杜德伟/Alex To yang musik R&B dan tariannya selama ini mendominasi Hongkong dan Taiwan, saat merilis album "Fa Xian Ai"发现爱/Discover Love, juga memilih beberapa lagu hasil karya DT. Vokal Alex To yang mirip orang hitam semakin mempertegas musik R&B DT, saat itu kerjasama keduanya bisa disebut mewakili era R&B di dunia musik Taiwan. Di dalam album ini, juga terdapat sebuah lagu berjudul "Mi Mi"秘密/Secret yang lagu dan liriknya ditulis oleh DT.

Sebenarnya hasil karya DT, sebagian besar memprioritaskan pada pembuatan musiknya, karena menurut dia mengerjakan musik adalah hal gampang. Karena sebelumnya hampir 10 tahun belajar di luar negeri, maka menyuruhnya membuat lirik berbahasa mandarin tentu saja sangat susah! Karena itu untuk mencari penulis lirik yang benar-benar dapat mencocokkan dengan gaya musiknya tidak begitu mudah. Sejak tahun 1993 ia kembali ke Taiwan mengerjakan musik, penulis lirik yang paling sering diajak kerjasama adalah Yang Li Su 杨黎苏 yang dulunya juga seorang penyanyi. Mulai dari pertama menulis lagu untuk Zhou Bao Yuan, lalu L.A Boyz, sampai lagu yang ditulis untuk Tao Zi 陶子 berjudul "L.O.V.E", hampir 2/3-nya adalah hasil kerjasama dengan Yang Li Su, tapi entah kalian sadari atau tidak dalam lirik lagunya selalu disisipkan sedikit bahasa Inggris! Terutama "Baby", atau "Love... kata-kata semacam itu.

Setelah menekuni pekerjaan musik di belakang layar selama beberapa tahun, menurut DT ada satu masa yang benar-benar nekat, dari belakang layar pindah jalur ke depan layar, meluncurkan albumnya sendiri, tapi sekali gebrak meraih penghargaan Best New Comer dan Best Album Producer, selain itu angka penjualan juga mencapai beberapa platinum. Dengan prestasi yang luar biasa ini, begitu memikirkan ada penyanyi yang ingin minta dibuatkan lagu atau memintanya menjadi produser, bisa membuatnya ngumpet deh! DT yang tidak tega menolak permintaan orang, hanya bisa kabur ke Amerika sembunyi sambil pelan2 memikirkan, sampai ia lebih yakin bisa menulis lagu atau memproduseri album para penyanyi itu.

Setelah melewati masa kebimbangan, di tahun 1998 awalnya DT membantu Zhao Yong Hua 赵咏华 /Cyndi Chaw mengerjakan 2 buah lagu di album "Ai Bu Ai" 爱不爱/Love or Not, yaitu lagu "Ai Bu Ai" dan "Wu Hua Ke Shuo" 无话可说/Nothing To Say. Belakangan yang paling kelihatan adalah membantu A Mei 阿妹 di album "Qian Shou" 牵手/Holding Hands, dalam adegan pernikahan. Di album itu DT membantu Amei menulis 2 buah lagu. Yang membuatnya istimewa adalah selain menulis lirik lagu untuk albumnya sendiri, DT sejak awal tak pernah menulis lirik untuk orang lain, tapi menulis lirik kedua lagu "Bu Yao Pian Wo" 不要骗我/Don't Fool Me dan "High High High" untuk Amei dilakoninya juga, karena ia sangat mengagumi karakter, suara, pesona Amei yang unik dan juga potensinya di bidang musik. Karenanya begitu pertama bekerja sama DT secara khusus menyumbangkan pengetahuan R&B yang diperolehnya selama belasan tahun di Amerika, sehingga Amei lebih mengembangkan vokalnya. DT bahkan khusus jadi backing vokal dalam sepenggal Rap di lagu "High High High".

translated from TZCN
...to be continued...

No comments: